Sunday 12 July 2015

Media Tanam Botol Bekas

Pemanasan global menjadi isu yang menjadi trending topic akhir-akhir ini. Banyak para penggiat pecinta lingkungan menyerukan Go Green, artinya mengajak kita untuk menghijaukan bumi. Salah satu proram untuk mencapai ke arah itu adalah program 3 R, yaitu : Reduce, Reuse, Recycle.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia dan berubahnya pola hidup manusia menjadikan barang dengan kemasan plastik semakin digandrungi. Bagaimana tidak, kemasan plastik lebih ringan, lebih kuat dan lebih praktis.

Manusia cenderung menginginkan sesuatu yang mudah dan instan, maka dari itu kemasan plastik lebih populer untuk dipakai membungkus makanan dibanding membawa kotak bekal atau botol minum dari rumah.
Terlalu bertele-tele rasanya intro yang dipaparkan, intinya pada tulisan kali ini saya ingin berbagi tips untuk membuat media tanam sederhana dari bahan botol minuman bekas. Inspirasi ini saya dapatkan ketika menemukan botol plastik berjajar rapih dengan terdapat tanaman di atasnya.

Ternyata botol bekas air mineral pun bisa dijadikan media tanam seperti pot, dikarenakan media tanam ini berbentuk kecil maka tanaman yang cocok untuk ditanam pada media ini hanya tanaman yang mempunyai akar sedikit dan tidak memiliki batang yang besar.

Tanaman yang paling tepat untuk ditanam pada media ini adalah sayuran seperti daun bawang, seledri, pakcoy (sawi sendok) dan tanaman sejenisya.

Berikut adalah bentuk media tanam botol bekas, Untuk membuatnya sedrhana saja anda tinggal memotong sepertiga bagian botol atas, Lalu bagian sisi dari botol bawah diberi lubang untuk sirkulasi udara dan overflow air bila terlalu penuh. Tutup botol diberi lubang di tengahnya lalu dimasukan tali/sumbu kompor, fungsinya untuk merambatkan air dari bagian bawah botol. Gabungkan botol atas dan botol bagian bawah dengan membalikan botol bagian bawah. Isi botol atas dengan media tanah/ sekam yang diberi pupuk, lalu tanamkan benih sayuran disana.


Dikarenakan bagian bawah botol tersebut menyimpan banyak air jadi walau anda jarang menyiram tanaman yang ada di media tersebut tanaman anda akan tetap hidup karena memiliki cukup cadangan air. Anda tinggal memeriksa kapasitas air yang tersedia di bagian bawah botol tersebut.

No comments:

Post a Comment